Meraup Untung Enak Dan Gurih Dari Kerupuk Jengkol

14/12/2017

Bagi kamu yang terpikiran usaha skala industri rumahan yang bisa mendatangkan potensi industri besar dibidang makanan ringan dan snack, tidak adalah salahnya kerupuk jengkol menjadi pilihan. Selain enak semua makanan berbahan dasar jengkol sebagai campuran pasti laris manis dibeli konsumen. Hal inilah yang menjadikan semua yang berbahan campuran jengkol patut untuk di coba sebagai lahan usaha. Langsung saja Berikut cara membuat kerupuk jengkol





Bahan-bahan untuk membuat kerupuk jengkol:
  1. Jengkol 1 kg 
  2. Tepung tapioka 2 kg
  3.  Air hangat 300 ml 
  4. Bawang putih 50 gram, dihaluskan 
  5. Penyedap rasa secukupnya 
  6. Garam secukupnya 
  7. Minyak goreng
Cara membuat kerupuk jengkol yang enak, gurih dan renyah:
  • Pertama-tama, kupas jengkol, kemudian cuci dengan air bersih, lalu rendam jengkol dalam air bersih kira-kira selama 20 menit, ganti air rendaman dengan air bersih yang baru, lalu rendam jengkol selama 20 menit kembali, lakukan perendaman ini minimal sampai 3 kali. Jika sudah tiga kali angkat jengkol dan tiriskan. 
  • Siapkan air garam dan panci untuk merebus jengkol, masukkan jengkol dan rebus sampai kulit arinya mengelupas. Angkat dan tiriskan. 
  • Bersihkan kulit ari jengkol, lalu tumbuk sampai halus untuk membuat adonan. Tambahkan bahan-bahan lainnya seperti tepung tapioka, bawang putih, garam, penyedap rasa, air hangat, aduk-aduk atau uleni hingga adonan bisa merata sempurna. 
  • Bentuk adonan tadi menjadi bulat memanjang, lalu bungkus dengan daun pisang atau plastik. Kemudian kukus hingga matang, kira-kira selama 40 menit. Setelah matang, angkat dan dinginkan. 
  • Setelah dingin iris tipis-tipis, dan jemur dibawah sinar matahari hingga benar-benar kering. 
  • Jika sudah benar-benar kering, kerupuk jengkol sudah siap digoreng. Persiapkan penggorengan, dan goreng hingga matang. Kerupuk jengkol sudah siap dihidangkan.


Like :

0 comments:

 
Support : expert Website | bufagroup | bufagroup
Copyright © 2011. Bufagroup Info Kreativitas Usaha dan Lapangan Kerja - All Rights Reserved